TUJUAN
1.2.1 TUJUAN UMUM
Tujuan Umum pembuatan Program Kerja Tahunan atau Program Kerja Kepala Sekolah adalah meningkatkan efektifitas dan efisiensi pendayaan tenaga, waktu, dan biaya yang ada untuk mewujudkan peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran di sekolah khususnya SD Negeri 3 Komet Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru.
1.2.2 TUJUAN KHUSUS
Tujuan Khusus yang ingin dicapai dalam pembuatan program sekolah ini adalah dapat meletakkan landasan penyusunan dan pelaksanaan Program Kegiatan Tahunan berikutnya serta dapat memberikan arahan kegiatan Kepala Sekolah dan segenap Guru, dan Tenaga Pengajar lain yang ada di sekolah dalam melaksanakan tugas sehari-hari selama setahun pada tahun pelajaran 2020/2021 antara lain :
1.2.3.1. Peningkatan mutu/kualitas hasil pendidikan dan pengajaran.
1.2.3.2. Pencapaian target Kurikulum 2013 yang berlaku.
1.2.3.3. Peningkatan daya serap dan menetapkan strategi pembelajaran.
1.2.3.4. Pemantapan mekanisme tata kerja.
1.2.3.5. Penertipan adminitrasi dan prasarana.
1.2.3.6. Pendayagunaan seluruh potensi sekolah termasuk warga masyarakat dalam
mendukung program pendidikan.
1.2.2.7. Pendayagunaan sarana prasarana
1.2.2.8. Peningkatan sekolah sebagai Wiyata Mandala.
1.2.2.9. Menciptakan sekolah berbudaya lingkungan.
1.2.2.10 Melakukan pengajaran Pendidikan Media.
1.2.2.11 Melakukan pengajaran Pendidikan Anti Korupsi.
1.3 FUNGSI
1.3.1 Sebagai alat pengendali mutu pendidikan di sekolah dasar.
1.3.2 Sebagai pendorong peningkatan mutu.
1.3.3 Sebagai umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran di sekolah.
1.3.4 Sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan kelulusan siswa.
1.3.5 Sebagai bahan pertimbangan dalam seleksi
1.3.6 Sebagai bahan pertimbangan pemberian ijasah penerimaan siswa baru pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
1.4 RENCANA STRATEGIS
Untuk mewujudkan Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah tersebut maka strategi yang digunakan :
1.4.1 Peningkatan kualitas SDM warga sekolah.
1.4.2 Peningkatan etos kerja yang kondusif, kreatif, inovatif, dan profesional dibidangnya.
1.4.3 Peningkatan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai.
1.4.4 Peningkatan kualitas siswa melalui kegiatan intra dan ekstrakurikuler
1.4.5Peningkatan kesejahteraan personal dengan terciptanya suasana kerja yang harmonis saling asah, asih, dan asuh.
1.5 MOTTO
“ Mati Satu, Tanam Seribu ”
VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
I. VISI
“Terwujudnya Peserta Didik yang Berprestasi dan berakhlak mulia serta Berwawasan Lingkungan”.
II. MISI
1. Meningkatkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien
2. Menanamkan aqidah keagamaan dengan pengamalan dan pembisaan melalui kegiatan keagamaan.
3. Meningkatkan pembinaan akhlak mulia dan budi pekerti melalui pendidikan karakter.
4. Melatih peserta didik menjadi cerdas, aktif, inovatif, terampil, serta mampu memanfaatkan lingkungan dan teknologi sebagai sumber belajar.
5. Menanamkan sikap peduli dalam mencegah kerusakan lingkungan lingkungan
6. Menanamkan sikap peduli dalam mencegah pencemaran lingkungan.
7. Menanamkan sikap peduli dalam melestrikan lingkungannya.
8. Melaksanakan program sekolahku “BERHIAS” (Bersih, Hijau, Asri dan Sehat)
III. TUJUAN SEKOLAH
1. Menghasilkan peserta didik yang berprestasi akademik dan non akademik
2. Mewujudkan peserta didik yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia, serta toleransi dalam kerukunan antar umat beragama.
3. Mewujudkan peserta didik yang kecerdasan, kemandirian, serta minat dan bakat sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.
4. Mewujudkan peserta didik yang tanggap dan mampu mencegah kerusakan lingkungan.
5. Mewujudkan peserta didik yang tanggap dan mampu mencegah pencemaran lingkungan
6. Mewujudkan peserta didik yang peduli terhadap kelestarian lingkungan,
A. IDENTITAS SEKOLAH
1. Nama sekolah : SD Negeri 3 Komet
2. NIS : 11001006
3. NPSN : 30304663
4. Provinsi : Kalimantan Selatan
5. Kota : Banjarbaru
6. Kecamatan : Banjarbaru Utara
7. Kelurahan : Komet
8. Jalan : Jl. Panglima Batur Timur
9. Kode Pos : 70711
10. Telepon : 05114782296
11. Email : sdnnegeri3komet@gmail.com
12. Daerah : Kota
13. Status Sekolah : Negeri
14. Kelompok Sekolah : SD Imbas
15. Tahun Berdiri : 1960
16. Tahun Beroperasi : 1960
17. Hasil Akteditasi : A
18. Status Tanah : Milik Negara
19. Luas Tanah : 4.865,04. M
20. Kegiatan KBM : Pagi
B. DATA KEPALA SEKOLAH
1. Nama Kepala Sekolah : Budiati, S. Pd
2. NIP. : 19630807 198207 2 002
3. Pendidikan Terakhir : S1
4. Alamat : Jl. Petai Sungai Besar
5. No. Handphone : 081251109897
6. Kecamatan : Banjarbaru Selatan
7. Kota : Banjarbaru
8. Propinsi : Kalimantan Selatan
C. DATA BENDAHARA SEKOLAH
1. Nama Bendahara : Hairunnisa, S. Pd
2. NIP : 19780712 200903 2 005
3. Pendidikan Terakhir : S1
4. Alamat : Jl. Trikora Komp. Green Tasbih 3 Tawaf 8 Lok Sel
5. No. Handphone : 081351677651
6. Kecamatan : Banjarbaru Utara
7. Kota : Banjarbaru
8. Propinsi : Kalimantan Selatan
D. JUMLAH TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Pendidikan Terakhir | PNS | Guru Honor | Lain – lain | Jumlah |
S2 | - | - | - | - |
S1 | 8 | 7 | 2 | 17 |
D1 | - | - | - | - |
DII | - | - | - | - |
DIII | - | - | - | - |
SGO | 1 | - | - | 1 |
SPG | - | - | - | - |
SMA | - | - | - | - |
JUMLAH | 9 | 7 | 2 | 18 |
E. DATA KESISWAAN
a. Jumlah Siswa
Kelas Ia Laki-laki : Perempuan : Jumlah :
Kelas Ib Laki-laki : Perempuan : Jumlah :
Kelas IIa Laki-laki : Perempuan : Jumlah :
Kelas IIb Laki-laki : Perempuan : Jumlah :
Kelas IIIa Laki-laki : Perempuan : Jumlah :
Kelas IIIb Laki-laki : Perempuan : Jumlah :
Kelas IVa Laki-laki : Perempuan : Jumlah :
Kelas IVb Laki-laki : Perempuan : Jumlah :
Kelas Va Laki-laki : Perempuan : Jumlah :
Kelas Vb Laki-laki : Perempuan : Jumlah :
Kelas VIa Laki-laki : Perempuan : Jumlah :
Kelas VIb Laki-laki : Perempuan : Jumlah :
Jumlah Laki-laki : Perempuan : Jumlah :
b. Siswa menurut Agama
Islam : 310 Anak
Kristen Protestan : 7 Anak
Anak Katolik : -
Hindu : -
Budha : -
F. TANAH dan BANGUNAN
No | Jenis | Keterangan |
1. | Tanah : 1. Luas Tanah 2. Luas Bangunan Keseluruhan |
3.072. M 805. m2 |
2. | Ruang : a. Kepala sekolah b. Kelas c. Multimedia d. Perpustakaan e. UKS f. Mushola g. Kamar Mandi/WC |
Ada Ada Belum ada Ada Ada Ada Ada |
G. DATA PERSONALIA/TENAGA KEPENDIDIKAN
No | Jenis Guru | PNS | GTT | Lain-Lain | Jumlah | |||
L | P | L | P | L | P | |||
1 | Kepala Sekolah | - | 1 | - | - | - | - | 1 |
2 | Guru Kelas | - | 5 | 2 | 4 | - | - | 11 |
3 | Guru PAI | - | 1 | 1 | - | - | - | 2 |
4 | Guru Olah Raga | 1 | - | - | - | - | - | 1 |
5 | Guru Bahasa Inggris | - | - | - | - | - | - | - |
6 | Guru Mulok | - | - | - | - | - | - | - |
7 | Tenaga Asset | - | - | - | - | - | 1 | 1 |
8 | Tata Usaha/Operator Sekolah | 1 | - | - | - | - | - | 1 |
9 | Pustakawan | - | - | - | 1 | - | - | 1 |
10 | Penjaga sekolah / Satpam | - | - | - | - | 1 | - | 1 |
Jumlah | 2 | 7 | 3 | 5 | 1 | 1 | 19 |
H. SARANA PRASARANA SEKOLAH
A. Gedung Sekolah
1. Ruang Kelas : 12
2. Ruang Kepala Sekolah : 1
3. Ruang Guru : 1
4. Ruang Perpustakaan : 2
5. Ruang Multimedia : -
6. Ruang Mushola : 1
7. Ruang UKS : 1
8. Ruang Kantin : 1
9. Ruang Dapur : 1
10. Ruang Mandi : 1
12. Ruang PKG : -
13. Ruang ganti : -
16. Gudang : 1
17. Meja Guru : 12 buah
18. Kursi Guru : 12 buah
19. Meja Murid : 317 Buah
20. Kursi Murid : 317 buah
21. Lemari Kelas : 12 buah
22. Papan Tulis : 13 buah
23. Kursi Tamu : 2 set
B. Manajemen Sekolah
1. Papan Informasi BOS
2. Papan Rekapitulasi Inventaris Sekolah
3. Papan Rekapitulasi Keadaan Pegawai
4. Papan Fungsi dan Tugas Pengolola Sekolah
5. Papan 10 Dasar Kemampuan Guru
6. Papan Jadwal Kerja Kepala Sekolah
7. Papan Profil Sekolah
8. Papan Kalender Pendidikan
9. Papan Struktur Organisasi Komite Sekolah
10. Papan Keadaan Guru dan Pegawai
11. Papan Bagan Struktur Organisasi Sekolah
12. Papan Visi Misi SDN 3 Komet
C. Data Kemuridan / Kesiswaan
1. Buku Induk siswa
2. Buku Mutasi siswa
3. Buku Klaper
4. File Data Penerimaan Siswa Baru
5. File Data Pribadi Siswa
6. File Data Keadaan Siswa
7. File Data Mutasi Siswa
8. File Data Kenaikan Kelas
D. Data Adminitrasi dan Kepegawaian
1. Buku Tamu
2. Buku Ekspedisi
3. Buku Agenda Surat Masuk
4. Buku Agenda Surat Keluar
5. Buku Notulen Rapat
6. Buku Prestasi Guru dan Pegawai
7. Buku Instrumen Akreditasi Sekolah
8. File Data Ijin Pendirian sekolah
9. File Data Surat Masuk
10. File Data Format T
11. File Data Dewan Sekolah
12. File Data Surat Keputusan
13. File Data Hasil Supervisi
14. File Data Pegawai PNS
15. File Data DP3/SKP
16. File Data Siswa dan Guru
17. File Data SPJ Gaji PNS
18. File Data Laporan Bulan
19. File Data Kurikulum 2013
20. File Data Daftar Hadir rapat
E. Data Keuangan
1. File Data EDS
2. File data Profil Sekolah
3. File Data LPJ BOS
4. File Data RAPBS/RKAS
F. Operasional Pengelolaan Sekolah
1. Sarana Prasarana di dapat dari :
- Pengadaan dari dana incidental/wali murid
- Pengadaan dari bantuan pemerintah
- Pengadaan dari bantuan lain-lain
2. Sumber dana diperoleh dari :
- BOS REG
- BOS APBD
- APBN/DAK
3. Hubungan Masyarakat
- Kerjasama dengan Dewan Sekolah : Berjalan dengan baik
- Kerjasama dengan Paguyuban Kelas : Berjalan dengan baik
- Kerjasama dengan Masyarakat : Berjalan dengan baik
- Kerjasama dengan Instansi terkait : Berjalan dengan baik
- Kerjasama dengan LPMP : Berjalan dengan baik
- Kerjasama dengan PUSKESMAS : Berjalan dengan baik
H. A. Daftar Nilai Rata-rata Ujian Sekolah Dasar Tiap Mata Pelajaran
No | Mata Pelajaran | Tahun Pelajaran 2019 / 2020 | |
Std. Deviasi | Rata - Rata | ||
1 | Pendidikan Agama | 5,04 | 76,26 |
2 | BTA | 7,50 | 77,67 |
3 | IPS | 3,04 | 73,08 |
4 | SBK | 3,47 | 68,49 |
5 | PKn | 8,25 | 81,26 |
6 | BIG | 8,94 | 81,50 |
7 | PENJAS ORKES | 5,75 | 79,21 |
8 | BSBB | 6,35 | 77,30 |
B. Klasifikasi Nilai Ujian Sekolah (US)
No | Mata Pelajaran | Tahun Pelajaran 2019/2020 | |
Standard Deviasi | Rata – Rata | ||
1 | Bahasa Indonesia | 12.77 | 75.92 |
2 | Matematika | 13.97 | 56.64 |
3 | IPA | 11.83 | 64.14 |
I. KONDISI ORANG TUA
a. Tingkat Pendidikan
SD : 3%
SLTA : 20%
DI - IV : 7%
Perguruan Tinggi : 70%
b. Pekerjaan Orang Tua
PNS, TNI POLRI : 22%
Karyawan Swasta : 26%
Buruh : 4%
Wiraswasta : 23%
Wirausaha : 6
Petani : 2%
Pedagang : 5%
Lainnya : 12%
KEADAAN OBYEKTIF (PROFIL SEKOLAH)
Kondisi obyektif/keadaan nyata SD Negeri 3 Komet Kecamatan Banjarbaru Utara adalah sebagai berikut :
A. Proses Belajar Mengajar
1. Proses belajar mengajar di SD Negeri 3 Komet Kecamatan Banjarbaru berjalan baik. Pembelajaran dilaksanakan dengan PAKEM, namun belum semua guru melaksanakan secara maksimal karena kurangnya penggunaan dan penguasaan metode yang digunakan dalam menyampaikan berbagai mata pelajaran serta kurang terpadunya antara alat peraga, metode dengan materi yang akan disajikan dalam PBM.
2. Pelaksanaan pembelajaran Mulok belum optimal dan sesuai dengan tuntutan target dalam Kurikulum yang digunakan
B. Bidang Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
1. Kurangnya kemampuan beberapa guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai guru profesional.
2. Tenaga Pendidik belum semuanya berkualifikasi pendidikan sarjana ( SI ).
3. Sarana dan prasarana yang kurang memadai, diantaranya ;
a. Ruang kantin yang tidak ada, sehingga kantin sehat berjalan kurang maksimal.
b. Tidak memilki sarana dan fasilitas olah raga yang memadai.
4. Belum memanfaatkan dengan baik potensi Stake Holder yang ada di sekolah dalam membangun Visi, Misi dan Tujuan pendidik yang berkarakter
C. Bidang Kemuridan
1. Jumlah murid disebagian kelas melebihi kapasitas, sehingga proses belajar mengajar tidak optimal dan berdampak pada hasil belajar yang kurang optimal pula.
2. Tingginya animo masyarakat untuk mendaftarkan anaknya kelas 1 sehingga perludilakukan seleksi yang adil dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan kepadamasyarakat
3. Belum terealisasinya pendidikan karakter, pendidikan media, pendidikan lingkungan, dan pendidikan anti korupsi.
D. Bidang Sarana dan Prasarana
1. Belum adanya gudang untuk menyimpan barang milik sekolah dan kurangnya perawatan.
2. Kurang tertibnya adminitrasi inventaris barang milik sekolah sehingga banyak yang rusak dan hilang.
PRIORITAS PROGRAM
Dengan mempertimbangkan kegiatan yang telah digariskan sesuai situasi, dan kondisi yang ada serta kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi, maka diprioritaskan sebagai berikut :
1. Bidang Umum/Adminitrasi
1.1 Penyusunan Program Sekolah
1.2 Penertiban Adminitrasi Sekolah
1.3 Penertiban Adminitrasi Kelas
1.4 Penertiban Adminitrasi Perlengkapan dan Tata Usaha
1.5 Penertiban Adminitrasi Pendataan dan Pelaporan
1.6 Penertiban Visualisasi Data dan Program Kerja
1.7 Konsultasi dengan Instansi terkait, Evaluasi Program Kerja dan Pelaporan.
2. Bidang Kemuridan
Penerimaan siswa didik baru menggunakan sistem seleksi. Membina bakat dan minat siswa melalui pendidikan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Memberikan pembinaan pada siswa yang kurang dalam Program perbaikan. Meningkatkan secara optimal minat baca siswa di Perpustakaan. Memberikan layanan out put dan mutasi siswa.
3. Bidang Pengajaran
Menyusun kalender pendidikan dan jadwal pelajaran. Membuat Prota, Promes, Persiapan harian. Memberikan pelayanan Prima pada semua siswa sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Melaksanakan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Menggunakan berbagai macam metode dalam KBM. Menggunakan berbagai media peraga dalam KBM sesuai dengan KD yang ada. Melaksanakan Kurikulum. Pengadaan bahan dan sumber belajar sebanyak-banyaknya. Melaksanakan ulangan harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Semester, dan UAS serta UAS BN.
4. Bidang Ketenagaan/personalia
4.1 Pembinaan profesional guru dan peningkatan mutu
4.2 Pembagian tugas pokok dan fungsi sebagai guru profesional
4.3 Pelaksanaan tata tertib guru dan personal
4.4 Pengadaan tenaga intrakurikuler dan ekstrakurikuler
4.5 Pengadaan sarana dan prasarana intra dan ekstrakurikuler
4.6 Peningkatan SDM dengan Diklat, Workshob, dll
4.7 Peningkatan kegiatan KKG
5. Bidang Sarana dan Prasarana
Rehabilitas plafon kelas serta perpustakaan. Pengadaan Ruang Multimedia. Pengadaan gudang. Pengecatan semua gedung. Perawatan dan perbaikan taman/halaman sekolah.
6. Keuangan
Penertiban adminitrasi keuangan secara transparan dan akuntabel. Penyusunan RKS, RKAS. Pembuatan pelaporan secara benar dan transparan. Penggalian sumber dana yang sah dan benar.
7. Bidang Supervisi
7.1 Pembinaan Kurikulum
7.2 Perbaikan proses pembelajaran
7.3 Pengembangan staf (peningkatan SDM)
7.4 Pemeliharaan dan perawatan moral serta semangat kerja guru-guru
8. Bidang Humas
8.1 Pengadaan rapat koordinasi dengan semua warga sekolah (Kepala Sekolah, Staf, Komite Sekolah, dan warga Paguyuban kelas)
8.2 Rapat koordinasi kerjasama antara sekolah dengan instansi terkait, tokoh masayarakat,dan lingkungan sekitar.
8.3 Rapat dewan guru dan staf
8.4 Melaksanakan bakti sosial secara terpadu dengan masyarakat lingkungan sekitar
.
BAB V
HARAPAN DAN SARAN
Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan tugas berat dan berjangka waktu panjang, karena menyangkut pendidikan bangsa. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia harus melalui proses pendidikan yang baik dan terarah. Kenyataan menunjukkan bahwa sekolah dasar belum sepenuhnya dapat mewujudkan manusia Indonesia seperti yang diharapkan dalam tujuan Pendidikan Nasional. Hal ini antara lain karena kondisi lingkungan yang berbeda, ruangan dan prestasi yang belum memadai, dana, dan kurang terarahnya penggunaan serta kemampuan/disiplin tenaga kependidikan yang masih perlu ditingkatkan. Sekolah dasar merupakan lembaga yang mendasari semua jenjang pendidikan, seyogyanya mendapat perhatian yang sungguh-sungguh dari berbagai pihak. Dengan berlakunya Otonomi daerah dan Otonomi sekolah, maka pemberdayaan sekolah sebagai lembaga pengembangan sumber daya manusia sangat perlu ditingkatkan. Peningkatan mutu pendidikan meliputi semua komponen pendidikan yang secara bertahap atau total diupayakan perwujudannya. Pelaksanaan pendidikan yang baik diberlakukan oleh guru meliputi kemampuan dan disiplin dalam proses belajar mengajar, proses pengelolaan kelas, pengelolaan sarana, dana, penyelenggaraan evaluasi belajar serta kemampuan dan disiplin dalam memanfaatkan potensi yang ada pada masyarakat. Pengembangan dan peningkatan kesejahteraannya, disamping dilaksanakan pembinaan-pembinaan terprogram baik secara langsung maupun lewat KKG atau KKKS. Dalam rangka mengupayakan mutu pendidikan di sekolah dasar maka beberapa unsur dan cara yang harus dikuasai dan dikembangkan oleh sekolah dan kepala sekolah meliputi pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan lingkungan, prasarana dan sarana harus sudah terdasari dan terkuasai dalam menyongsong era tinggal landas dan globalisasi.